Efek Garam Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Posted on

Asam lambung merupakan salah satu zat yang penting, berada di lambung dapat membantu proses pencernaan lambung. Asam lambung berfungsi untuk membunuh bakteri ataupun virus yang bersembunyi pada makanan. Asam lambung memang penting, tapi bila kadar asam lambung berlebihan dalam lambung akan menyebabkan masalah yang cukup serius. Itulah yang dinamakan penyakit asam lambung tinggi, tentunya sangat tidak baik sebab dapat menyebabkan komplikasi berbahaya.

Penderita penyakit asam lambung tinggi sangat perlu mengatur dan apik dalam mengonsumsi baik makanan ataupun minuman. Lantas bagai mana bila penderita asam lambung mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi ?

garam untuk asam lambungJawabanya Efek Garam Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi tidak baik. Kenapa ? karena garam dapat meningkatkan produksi asam lambung tinggi. Ini di karenakan garam mengandung natrium dan klorin yang dapat memicu sekresi asam lambung. Asam lambung tinggi pada lambung dapat melukai dingding mukosa. Lambung dapat terserang berbagai macam masalah lambung seperti maag, lambung perih, dan masalah lambung lainnya.

Selain penderita asam lambung ternyata ada beberapa orang yang harus mengurangi asupan garam. Diantaranya adalah

  • Penderita darah tinggi, darah tinggi adalah penyaktit dimana tekanan darah dalam pembuluh darah terlalu tinggi, menyebabkan kerusakan jantung dan pembuluh darah bila terjadi terus-menerus.
  • Penderita Penyakit Ginal, penderita penyakit ginjal juga harus menurunkan konsumsi garam, sebab kandungan garam dapat memperparah penyakit ginjal penderita.
  • Penderita Edema, juga tidak di sarakankan mengkonsumsi banyak garam karena dapat memperparah.
  • Penderita osteoporosis/pengeroposan tulang, adalah penyakit yang umumnya di derita oleh lansia. Pendeirta oesteoporosis juga tidak baik mengkonsumsi garam berlebih.
  • Seseorang yang mengalmi kulit yang buruk, garam dapat mempercepat anda untuk dehindrasi sehingga tidak baik untuk kulit bila dikonsumsi secara berlebihan.

Garam memang sangat sulit untuk di hilangkan dalam kehidupan kita, sebab makanan tanpa garam itu terasa hambar. Lantas bagaimana solusinya ?

Tips kontrol asupan garam sehari-hari

Tips pertama adalah memadukan rempah-rempah untuk menetralisir garam. Gunakan rempah manis, asam, pedas, dan bumbu penyedap seperti saus cabay dan bawang merah, jahe bawang putih dsb. Selain mengurangi penyerapan garam juga membuat masakan enak.

Tips kedua yaitu mengembangkan rasa dari bahan-bahan itu sendiri. Rempah dan bahan makanan memiliki aroma khusus, jadi anda tidak perlu menambahgkan banyak garam untuk mendapatkan cita rasa.

Tips menggunakan metode memasak, menumis sayuran terkadang cenderung menggunakan banyak minyak dan garam. Untuk alternatifnya adalah dengan mengukus, merebus, mengadon dingin, dapat membuat vareasi yang mengasikan.

Bukan berarti tubuh anda tidak menerima asupan garam, garam itu juga di perlukan untuk tubuh, tapi jangan terlalu banyak.  Jadi anda harus pintar dalam melihat dan menakar asupan garam yang anda konsumsi yah,

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s