Kekurang Zinc Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan

Posted on

Zinc merupakan salah satu dari sekian banyak gizi yang sangat penting karena dibutuhkan oleh manusia. Zinc bersumber dari makanan-makanan yang menyehatkan yang dikonsumsi oleh kita.

Bila makanan yang anda konsumsi sehari-hari tidak mengandung unsur gizi seperti zinc dan zat gizi lainnya, anda akan mengalami masalah kesehatan, dan yang akan di bahas kali ini adalah efek dari kekurangan zat gizi bertama zinc ini.

Kekurang Zinc Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan, seperti asam lambung tinggi, maag, infeksi lambung, dan masalah pencernaan lainnya. Ini berdasarkan penelitian yang di terbutkan dalam british journal of nutrition. Penelitian ini kekurangan zinc atau seng dalam kadar minimal atau jangka pendek dapat menimbulkan kerusakan yang cukup sulit untuk dirasakan atau di deteksi.

Organisasi kesehatan dunia menjelaskankan defisiensi zink mempengaruhi sekitar atau 1/3 dari populasi dunia. Bahkan bertanggung jawab terhadap setiap 16% kasusu infeksi saluran pernafasan bawah. 18% malaria dan 10% diare.

bahaya kekuranagn zinc untuk tubuhPercobaan dilakukan kepada hewan babi kurang lebih selama 2 minggu, ada 48 babi dan dibagi menjadi 4 kelompok (secara random). Peneliti memberi makanan kepada babi-babi tersebut makanan tiap kelompok beda menunya dan beda kandungan zinc nya.

Hasilnya para peneliti melihat bahda deplesi zinc (kekurangan zinc) itu tanpa gejala dan tidak terlihat. Tapi perubahan terlihat di dalam hati dan darah babi. Tubuh anak babi ada yang mencoba menyerap zinc dengan efisien, semantara dalam waktu yang sama mengurangi ekskresi zinc dari pangkreas. Ekskresi zink dari pangkreas akan berkuarang bila kita kehabisan zinc dalam tubuh. Zinc memang terbukti nyata sangat penting bagi pencernaan.

Kami membuktikan bahwa ada hubungan kolerasi langsung antara jumalh enzim pencernaan di dalam pangkreas dan kadar zinc organisme secara keseluruhan. Ada kesamaan antara organisme babi dan organisme manusia, Jadi jangan biarkan tubuh kita kekurangan zinc atau seng (defisiensi zinc).

Ketika tubuh mengalami kekurang zat gizi bernama zinc secara otomatis nafsu makan kita akan berkurang, akibatnya pencernaan anda menjadi tidak sehat sangat mudah sekali tersarang penyakit maag, asam lambung atau infeksi lambung.

Zinc atau seng memang menyehatkan tubuh kita tapi lain halnya bila kadar zinc dalam tubuh kita berlebiha, diantaranya membuat tubuh menjadi muntah, ruam pada kulit, dan distress uss

Kadar zinc yang dibutuhkan oleh manusia pada umumnya adalah 11 miligram/hari. Selain dari suplemen anda juga bisa mengkonsumsi sumber zinc alami diantaranya, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s