Cara Menghilangkan Asam Latnat Setelah Olahraga

Posted on Updated on

Ketika anda berolahraga ektra biasanya tubuh biasa saja, tapi ke esokan harinya akan merasakan nyeri pada otot-otot tubuh. Itu bukan diakibatkan oleh asam laktat, tetapi timbul karena kerusakan akibat olahraga, bukanlah karena asam laktat.

Namun kerusakan otot dapat sembuh dengan kembalinya, digantikan otot-otot baru yang lebih kuat. Asam laknat di hasilkan oleh tubuh kita secara alami ketika kita berolahraga. Asam laktat merupakan sumber energi utama dan memungkinkan tubuh mempertahankan tingkat energi.

cara mengeluarkan asam laknat dalam tubuh

Asam laktat bisa saja sangat berbahaya bila terus menumpuk di dalam tubuh, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius, biasanya akan dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Asam laktat juga bisa di atasi diminimalkan untuk membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, bagaimana Cara Menghilangkan Asam Latnat Setelah Olahraga ? berikut ini adalah cara-caranya :

Melakukan Peregangan otot ketika hendak olahraga

Melakukan peragangan otot dapat membantu dan menjaga otot tetap lentur, dan meminimlkan kerusakan dan rasa sakit yang muncul.

Peregangan setelah olahrga adalah bentuk latihan ringan dan memungkinkan otot memiliki kesempatan untuk melemaskan atau isilah kerennya cool down.

Melakukan pendinginan

Anda harus memastikan otot-otot anda hangat sebelum olaraga di mulai, anda juga bisa menggunkan heat pack adan heavy warm-up gear. Pemanasan bermanfaat untuk mengatasi kaku otot. kaku otot sangat dikaitkan dengan cedera dan keruakan otot

Melakukan pendinginan

Pendirngan sebanarnya sangat penting dilakukan selesai olahraga, tapi sayang banyak orang yang tida melakukan ini. Pendingainan dapat membuat tranfortasi pengeluakan racun-racun dan limbah dari otot dan memungkakan jantung melambat secara teratur. Ketika anda tidak melakukan pendinganan racun/limbah yang ada di otot menjadi sulit keluar dari otot, akibatnya rasa sakit sering terjadi pada ototk.

Bukan itu saja pendingainan juga bermanfaat untuk kurangi sterss pada sistem kadriovaskuler, dari pada langsung menghentikan olahraga tanpa melakukan pendinginan.

Menjaga tingkat aktifitas Setelah berolahraga

Dengan duduk ataupun beristirahat setalah berolahraga, maka rasa sakit akan menjadi berkuarang.

Istirahat akan membantu otot dan memulihkan diri dengan lebih baik, dan membantu mencegah kekakuan otot. Istirahat dapat membantu psiologis dengan menjauhkan pikiran dari rasa sakit.

Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan

Mengkonsumsi makanan sehat akan membantu anda mendapakatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pembengtukan otot menjadi lebih kuat dan menakutkan.

Zat yang dibutuhkan untuk untuk pembentuk otot baru  yang lebih kuat adalah protein dan kalium. Bisa anda dapatkan pada pisang, daging sapi, ikan, dan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Baca artikel lainnya :

Obat asam lambung

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s