Ternyata ini Biang Keladi Asam Lambung Tinggi

Posted on

Penderita GERD (asam Lambung tinggi) bisa meningkat dua kali lipa ketika mengkonsumsi makanan pengantin baru atau pada tahun baru imlek. Menurut Kang Ben-Chu, dokter bidang gastrointestinal, tepatnya di klinik shu tian, taipei, taiwan ” Penyakit asam lambung tinggi rentan terjadi pada mereka yang menderita kelebihan berat badan (obesitas), perokok, pecinta kopi dan bagi mereka orang2 yang biasa makan dengan cepat. Bukan itu saja Gerd juga dapat menyerang mereka yang memiliki pola makan yang tidak teratur, memiliki riwayat penyakit lambung, terakhir orang yang memiliki pola tidur yang tidak stabil.

Obesitas dapat meningkatkan tekanan ataupun beban perut, dan ini merupakan penyebab utama sakit asam lambung tinggi. Setelah anda mengkonsumsi makanan sekresi asam lambung meningkat, isi lambung akan berbalik ke esofagus ketika anda berbaring, dan menyebabkan GERD.

kopi hitamKebanyakan orang akan mengirang bila terjadi GERD karena asam lambung tinggi, sebenarnya faktor utama atau biang keladi gerd adalah sphincter yang terletak di persimpangan antara esofagus dan lambung tidak menutup dengan maksimal, sehingga asam lambung bisa berbali ke esofagus.

Lantas apa yang jadi penyebab penutuf sphincter tidak tertutup dengan maksimal ?, ini karena mengkonsumsi kopi dan makanan manis”, ujar Dr. Kangben-Chu.

Bila penderita mengalami gejala seperti rasa mual dan mudah cairan asam, dada seperti terbakar, tenggorokan sakit, sulit menelan makanan, batuk kronis, itu termasuk ke dalam kondisi yang serius. Anda harus segera mengurangi makanan pedas, asam (meskipun buah buahan sekalipun), gula dan jangan makan sampai kenyang, lebih baik beri prut anda sedikit ruang kosong kurang lebih 40-30%.

Tak cukup segitu saja dokter juga menyarankan penderita untuk, mulai melakukan pola hidup yang sehat, yaitu berolahraga dan istirahat yang cukup. Untuk makan jangan sampai kenyang lebih baik 60-70% dari setiap porsi makan, dan kunyah secara berlahan-lahan jangan sampai terburu-buru, makan secara teratur kurang lebih 3xsehari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s