Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan

Posted on Updated on

Gejala nyeri di bagian dada, sesak nafas, atau merasa terbakar tepatnya di belakang tulang dada, kami sarankan untuk jangan dulu panik. Pasti sebagaian besar orang mengira seranga jantung, tapi itu bisa jadi gejala peningkatan asam lambung yang berbalik naik menuju saluran makanan. Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan gejalanya memang hampir sama dengan serangan jantung.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

sakit dada

GERD merupakan penyakit yang mungkin jarang di dengar oleh masayarat. GERD telah merupakan penyakit yang di golongkan dalam international classification of disease (ICD), itulah yang membendakan penyakit ini dengan penyakit baisa. Gejala yang di timbulkan hampir mirim dengan penyakit jantung. Penderita penyakit ini akan merasakan panas terbakar di bagian dada (heartburn), kerongkongan pahit, seask, peru terasa penuh/kembung, mual dan sebagainya.

Menurun Dr. Hadi Wandono SpPD KGEH, spesialis dalam RS Haji Surabaya, berkata, GERD terjadi karena adanya cairan asam lambung yang berbalik menuju ke atas, dan mengarah ke mukosa (saluran cerna), antara kerongkongan dan lambung.

Pada peristimwa naiknya asam lambung penderita akan mendapatkan sensasi panas seperti terbakar di rongga dada. Dan Ketika asam lambung bereaksi dengan mukosa, akan penderita akan merasakan pahit atau kecu di pangkar mulut. Ini bisa di picuk oleh berbagai hal misalnya mengkonsumsi makanan pedas, asam, kecut atau bersantan atau berlemak.

Kenaikan aau reflux asam lambung ke mukosa atas juga bisebabkan fisfungsi lower esophageal sphincter (LES). LES merupakan adalah cincing penghubung antara lambung dan kerongkongan yang berperan saat kontraksi mendorong makanan menuju lambung. Saat sphincer mengalimi disungsi celah tersebut gagal menghalangi asam lambung untuk menujur ke saluran cerna atas. Gangguan ini bisa di picu karena asam lambung tinggi .

Penyakit ini juga di picu  konsumsi minuman seperti kopi, soft drink, dan alkohol. Diantaranya gorengan, cokelat, atau sayur sayuran yang mengandung gas seperti sawi ataupun rebung. Konsumsi obat obatan nonsreroid juga bisa juga meningkatkan produksi asam lambung berlebih. Infeksi bakteri helocobacter pulori yang menempel di ding ding lambung juga menjadi salah satu penyebab. Bakteri ini bisa bertahand alam kondisi yang sangat asam di lambung dengan pH kurang dari 4.

Faktor yang cukup berpengaruh dalam peningkatan asam lambung tinggi berlebih juga turut andil dalam masalah psikolog. Jadi bila anda banyak pikiran, sress dan depresi, anda juga memiliki resiko terkena penyakit ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s